Pengertian Dan Penjelasan Hardware (Perangkat Keras) Multimedia Sebuah PC

Hardware Multimedia
Sebuah PC dapat dikatakan multimedia jika PC tersebut memiliki dukungan berbagai fasilitas tambahan, di luar kemampuannya sebagai pemroses data. Dukungan multimedia yang paling utama pada sebuah
PC adalah fasilitas grafis dan suara. Pada umumnya, PC sekarang sudah memiliki fasilitas multimedia dan kemampuan yang lebih dari cukup untuk menangani prosesnya. Fasilitas multimedia sebenarnya lebih digunakan untuk kebutuhan entertainment. Beberapa perangkat atau media pelengkap sebuah PC multimedia, antara lain Kamera Digital, Speaker Aktif, Microphone, Joystick, Media Player
Pokok Bahasan:
  • Kamera Digital
  • Speaker Aktif
  • Microphone
  •  Joystick
  • Media Player
Kamera Digital
Sebuah kamera digital memotret objek dan menyimpannya dalam bentuk data digital sebagai sebuah file. Oleh karena itu, dalam kamera digital pasti memiliki internal memori. Jadi, semakin besar kapasitas internal memori, maka semakin banyak pula gambar yang dapat disimpan. Di samping internal memori, pada kamera digital juga terdapat slot untuk memori tambahan (MMC).
Untuk menghubungkan kamera digital dengan komputer digunakan kabel data khusus, kebanyakan menggunakan koneksi USB atau firewire. Kabel data ini biasanya telah disertakan dalam satu bundel dengan kamera digital. Pada sistem operasi, kamera digital akan dikenali layaknya sebuah
flash drive. Power supply kamera digital diperoleh dari baterai biasa atau baterai litium seperti yang digunakan pada handphone.
Speaker Aktif
Speaker merupakan peralatan output komputer berupa suara. Pada umumnya speaker aktif sudah dilengkapi dengan fasilitas sub woover yang berguna untuk memaksimalkan suara bass.
Sebuah speaker disebut speaker aktif karena memiliki sumber daya sendiri untuk memperkuat sinyal suara yang keluar dari line output sound card. selain itu, speaker aktif juga memiliki beberapa tombol fungsi equalizer untuk mengatur kualitas suara yang dikeluarkan.
Selain speaker aktif, juga terdapat jenis speaker lain yang lebih kecil. Jenis ini lebih dikenal dengan headphone atau earphone. Bentuknya relatif lebih kecil karena memang digunakan untuk dipasang di telinga.
Headphone ini juga biasanya digunakan pada MP3/MP4 player karena memiliki ukuran port line out yang sama. Namun, headphone untuk PC umumnya memiliki kabel yang lebih panjang. Selain itu, pada beberapa headphone juga terdapat microphone kecil.
Microphone
Suara dapat dimasukkan ke dalam komputer dengan alat input, yaitu melalui microphone. Bentuk microphone untuk komputer mempunyai ciri khas, yaitu bentuknya kecil dan dapat ditaruh di meja. Ada juga microphone yang disertakan dan menyatu dengan earphone.
Pada dasarnya microphone menerima gelombang suara dari luar (analog) kemudian oleh komputer diterjemahkan ke dalam bahasa binary (digital). Dari bentuk digital tersebut itulah yang kemudian dilakukan pengolahan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Format file yang dihasilkan dari microphone dapat berupa WAV, MP3, WMA, atau format lain bergantung
pada software audio recording yang digunakan. Lewat software ini pula, kita dapat memperbaiki kualitas suara hasil rekaman. Koneksi microphone pada komputer, yaitu lewat port microphone (mic) yang ada pada sound card. Umumnya port ini berwarna merah dan sejajar dengan port line in atau line out.

Joystick
Jika Anda sering main game di komputer, pasti tahu apa itu joystick, yaitu sebuah alat bantu untuk memudahkan kita bermain game. Joystick merupakan input device komputer dengan tombol yang sedikit dan sederhana. Tulisan pada tombol-tombol joystick sangat sederhana, yaitu berbagai simbol arah dan kontrol. Bentuk joystick ada berbagai macam, tetapi sesuai dengan tuntutan kebutuhan akan kenyamanan dalam bermain game, maka disediakan berbagai bentuk modern. Bentuk joystick yang modern berupa bentuk analog, seperti tongkat dengan poros dan dapat digerak-gerakkan ke segala arah. Koneksi joystick pada komputer yang umum adalah lewat port paralel atau USB. Tentunya kecepatan data lewat port USB akan lebih baik dibandingkan lewat port paralel. Pada beberapa sound card, kadang juga menyediakan game port.
Media Player
Media player sebenarnya merupakan pengembangan dari flash memory. Dari fungsinya yang hanya sebagai media penyimpanan data, berkembang menjadi perangkat hiburan yang memiliki banyak fitur. Fitur-fitur tersebut, antara lain FM radio, voice recorder, .txt viewer, MP3/wav player hingga MP4 player. Oleh karena fungsinya itulah, perangkat ini lebih dikenal dengan MP3/Mp4 player.
Pada media player terdapat beberapa tombol playback control untuk memilih menu atau memainkan file. Selain itu, terdapat microphone (voice recorder), port headphone atau speaker, dan port untuk koneksi data yang umumnya menggunakan port USB.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama