Pengertian Dan Penjelasan Perangkat Keras Multimedia Komputer

Hardware Multimedia
Sebuah PC dapat dikatakan multimedia jika PC tersebut memiliki dukungan berbagai fasilitas tambahan, di luar kemampuannya sebagai pemroses data. Dukungan multimedia yang paling utama pada sebuah
PC adalah fasilitas grafis dan suara. Pada umumnya, PC sekarang sudah memiliki fasilitas multimedia dan kemampuan yang lebih dari cukup untuk menangani prosesnya. Fasilitas multimedia sebenarnya lebih digunakan untuk kebutuhan entertainment. Beberapa perangkat atau media pelengkap sebuah PC multimedia, antara lain sound card, VGA card, optical drive.
Pokok Bahasan:
  • Sound Card
  • VGA Card
  • TV Tunner
  •  Card Reader
  •  Optical Drive

Sound Card
Pada sebuah PC multimedia, sound card bertugas sebagai pemroses data suara yang akan keluar maupun masuk pada komputer. Perangkat ini telah banyak disertakan pada motherboard-motherboard sekarang, atau yang lebih dikenal dengan istilah onboard. Namun, jika motherboard kita tidak menyertakan fasilitas ini, kita harus memasang sebuah sound card terlebih dahulu untuk dapat menikmati file sound yang kita miliki. Dengan sound card yang terpisah dengan motherboard, tentunya akan lebih meringankan beban prosesor sehingga dapat meningkatkan kinerja PC.
VGA Card
Video Graphics Accelerator (VGA) merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur jalannya tampilan keluaran dari sebuah komputer yang berbentuk gambar dan video, ke media berbasis grafis seperti monitor. VGA card memiliki kapasitas memori tersendiri untuk kebutuhan proses penanganan grafis. Semakin besar kapasitas memorinya, maka kualitas gambar yang dihasilkan akan semakin bagus dan halus. Pada VGA onboard, kebutuhan memorinya akan mengambil dari memori RAM. Selain itu, proses penanganan grafisnya juga dibebankan pada prosesor. Lain halnya dengan VGA card, memori RAM tidak berkurang. Jadi, akan lebih baik jika digunakan VGA card. Apalagi perangkat lunak, baik itu software pengolah grafis, permainan, bahkan sistem operasi, mulai memerlukan kapasitas memori yang besar.

TV Tuner
Dengan TV Tuner, kita dapat menyaksikan siaran TV melalui layar monitor atau mendengarkan siaran radio. TV Tuner terbagi dalam dua jenis, yaituinternal dan eksternal. TV Tuner internal dipasang pada slot ekspansi motherboard. Pada TV Tuner internal, umumnya terdapat port untuk antena TV atau radio, line in, dan port receiver (untuk remote). Port antena juga dapat kita gunakan sebagai input dari VCD/DVD player. Keuntungan menggunakan TV Tuner jenis ini, yaitu dapat merekam acara TV atau siaran radio, dan menyimpan filenya langsung ke dalam harddisk.
TV Tuner eksternal digunakan secara terpisah dengan motherboard. Dengan TV Tuner eksternal, kita dapat menyaksikan siaran TV cukup dengan layar monitor saja. Pada TV Tuner jenis ini, umumnya menyertakan lebih banyak fasilitas, antara lain game, built-in speaker, dan port input-output yang lebih banyak.
Card Reader
Card reader atau chip reader atau smartcard reader, merupakan perangkat digital sebagai interface antara komputer dengan kartu SD, MMC, atau jenis kartu memori lainnya. Jadi, fungsinya hampir sama dengan floppy drive, yakni sebagai player MMC. Pada sistem operasi, card reader akan dikenali seperti halnya sebuah flashdisk. Melalui card reader, kita dapat mengambil data dari MMC ke komputer atau sebaliknya, mengisi data ke dalam MMC. Card reader memiliki slot-slot untuk satu atau lebih MMC. Pada umumnya card reader menggunakan koneksi port USB.
Fitur card reader keluaran terbaru, biasanya telah memiliki multi slot dan multi fungsi. Di samping kecepatan akses data, salah satu ukuran bagus tidaknya card reader, yakni kemampuannya untuk membaca seberapa banyak jenis memory card, serta dukungannya terhadap memory card terbaru. Bentuk dan desainnya pun sudah sangat beragam.
Optical Drive
Optical drive atau lebih dikenal dengan CD/DVD-ROM drive, tentunya lebih banyak kita jumpai pada hampir semua PC.
Perangkat ini digunakan sebagai media baca dan tulis keping CD atau DVD. Sebenarnya fungsinya sama seperti floppy drive atau card reader. Hanya saja, media yang digunakan adalah kepingan CD atau DVD. Optical drive CD/DVD, keduanya berbeda-beda pada tipe keping media simpannya. Untuk membaca keping CD digunakan drive CD (CDROM/CD-RW), sedangkan untuk membaca keping DVD digunakan drive DVD (DVDROM/DVR-RW). Selain itu, drive DVD juga dapat mengenali/ membaca format keping CD. Dilihat dari kemampuan baca-tulis, drive CD/DVD terdiri atas dua jenis, yakni drive yang hanya bisa membaca data dan drive yang bisa menulis data ke dalam CD/DVD. Jenis drive yang terakhir atau lebih dikenal dengan CD-RW/DVD-RW ini, juga dapat digunakan untuk membaca data. Jika Anda pernah mendengar drive DVD Combo, perangkat ini selain dapat membaca data keping DVD dan CD, juga dapat menulis data ke dalam CD. Biasanya pada drive CD/DVD tertera angka-angka, misalnya 52X32X52 CD-R/RW/Read atau 16X-DVDROM. Pada drive CD, angka 52X berarti kecepatan maksimal menulis data, angka 32X adalah kecepatan penulisan ulang, dan 52X adalah angka kecepatan membacanya. Dan 16X adalah kecepatan pada keping DVD. Angka-angka tersebut sebenarnya memiliki kecepatan akses tersendiri.
Drive CD/DVD di atas dipasang di dalam casing CPU. Namun, ada juga jenis drive CD/DVD eksternal yang bersifat portable. Drive CD/DVD eksternal digunakan pada notebook. Koneksi drive CD/DVD jenis ini umumnya menggunakan port paralel, USB, atau PCMCIA. Untuk notebook, drive CD/DVD internal bentuknya lebih ramping. Meski demikian, kemampuannya sama dengan drive CD/DVD pada PC.


1 Komentar

  1. Thank you for nice information. Please visit our web:

    Click Here
    "https://uhamka.ac.id"

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama