Python adalah bahasa pemrograman tujuan umum yang ditafsirkan, tingkat tinggi. Dibuat oleh Guido van Rossum dan pertama kali dirilis pada tahun 1991, filosofi desain Python menekankan keterbacaan kode dengan penggunaan spasi putih yang signifikan.
Tidak cukup dengan sekedar membaca. Cara terbaik untuk belajar bahasa pemrograman adalah dengan praktek menggunakan contoh – contoh, kemudian memahami, dan selanjutnya membuat program sendiri.
Source Code
import pygame | |
import random | |
import sys | |
pygame.init() | |
WIDTH = 800 | |
HEIGHT = 600 | |
RED = (255,0,0) | |
BLUE = (0,0,255) | |
YELLOW = (255,255,0) | |
BACKGROUND_COLOR = (0,0,0) | |
player_size = 50 | |
player_pos = [WIDTH/2, HEIGHT-2*player_size] | |
enemy_size = 50 | |
enemy_pos = [random.randint(0,WIDTH-enemy_size), 0] | |
enemy_list = [enemy_pos] | |
SPEED = 10 | |
screen = pygame.display.set_mode((WIDTH, HEIGHT)) | |
game_over = False | |
score = 0 | |
clock = pygame.time.Clock() | |
myFont = pygame.font.SysFont("monospace", 35) | |
def set_level(score, SPEED): | |
if score < 20: | |
SPEED = 5 | |
elif score < 40: | |
SPEED = 8 | |
elif score < 60: | |
SPEED = 12 | |
else: | |
SPEED = 15 | |
return SPEED | |
# SPEED = score/5 + 1 | |
def drop_enemies(enemy_list): | |
delay = random.random() | |
if len(enemy_list) < 10 and delay < 0.1: | |
x_pos = random.randint(0,WIDTH-enemy_size) | |
y_pos = 0 | |
enemy_list.append([x_pos, y_pos]) | |
def draw_enemies(enemy_list): | |
for enemy_pos in enemy_list: | |
pygame.draw.rect(screen, BLUE, (enemy_pos[0], enemy_pos[1], enemy_size, enemy_size)) | |
def update_enemy_positions(enemy_list, score): | |
for idx, enemy_pos in enumerate(enemy_list): | |
if enemy_pos[1] >= 0 and enemy_pos[1] < HEIGHT: | |
enemy_pos[1] += SPEED | |
else: | |
enemy_list.pop(idx) | |
score += 1 | |
return score | |
def collision_check(enemy_list, player_pos): | |
for enemy_pos in enemy_list: | |
if detect_collision(enemy_pos, player_pos): | |
return True | |
return False | |
def detect_collision(player_pos, enemy_pos): | |
p_x = player_pos[0] | |
p_y = player_pos[1] | |
e_x = enemy_pos[0] | |
e_y = enemy_pos[1] | |
if (e_x >= p_x and e_x < (p_x + player_size)) or (p_x >= e_x and p_x < (e_x+enemy_size)): | |
if (e_y >= p_y and e_y < (p_y + player_size)) or (p_y >= e_y and p_y < (e_y+enemy_size)): | |
return True | |
return False | |
while not game_over: | |
for event in pygame.event.get(): | |
if event.type == pygame.QUIT: | |
sys.exit() | |
if event.type == pygame.KEYDOWN: | |
x = player_pos[0] | |
y = player_pos[1] | |
if event.key == pygame.K_LEFT: | |
x -= player_size | |
elif event.key == pygame.K_RIGHT: | |
x += player_size | |
player_pos = [x,y] | |
screen.fill(BACKGROUND_COLOR) | |
drop_enemies(enemy_list) | |
score = update_enemy_positions(enemy_list, score) | |
SPEED = set_level(score, SPEED) | |
text = "Score:" + str(score) | |
label = myFont.render(text, 1, YELLOW) | |
screen.blit(label, (WIDTH-200, HEIGHT-40)) | |
if collision_check(enemy_list, player_pos): | |
game_over = True | |
break | |
draw_enemies(enemy_list) | |
pygame.draw.rect(screen, RED, (player_pos[0], player_pos[1], player_size, player_size)) | |
clock.tick(30) | |
pygame.display.update() |
Sangat mudah sekalikan belajar codingan salah satu belajar Phyton, jadi silahkan pelajari dengan benar dan baik, jika ada kesalahan atau error silahkan kirim komentar anda pada halaman ini
Sekian materi pembelajaran teknik informatika yang bisa saying berikan pada artikel ini. Untuk melihat contoh-contoh pemrograman lainnya anda bisa melihat di artikel lainnya. Semoga bermanfaat untuk mempelajari tentang pemrograman Phyton dengan baik. Selamat Mencoba Salam Codingers
Tags:
Codingan
Thank you for nice information. Please visit our web:
BalasHapusClick Here
"https://uhamka.ac.id"