PROGRAM PYTHON SEDERHANA BASIC GAME

 Python adalah bahasa pemrograman tujuan umum yang ditafsirkan, tingkat tinggi. Dibuat oleh Guido van Rossum dan pertama kali dirilis pada tahun 1991, filosofi desain Python menekankan keterbacaan kode dengan penggunaan spasi putih yang signifikan.

Tidak cukup dengan sekedar membaca. Cara terbaik untuk belajar bahasa pemrograman adalah dengan praktek menggunakan contoh – contoh, kemudian memahami, dan selanjutnya membuat program sendiri.




Source Code

import pygame
import random
import sys
pygame.init()
WIDTH = 800
HEIGHT = 600
RED = (255,0,0)
BLUE = (0,0,255)
YELLOW = (255,255,0)
BACKGROUND_COLOR = (0,0,0)
player_size = 50
player_pos = [WIDTH/2, HEIGHT-2*player_size]
enemy_size = 50
enemy_pos = [random.randint(0,WIDTH-enemy_size), 0]
enemy_list = [enemy_pos]
SPEED = 10
screen = pygame.display.set_mode((WIDTH, HEIGHT))
game_over = False
score = 0
clock = pygame.time.Clock()
myFont = pygame.font.SysFont("monospace", 35)
def set_level(score, SPEED):
if score < 20:
SPEED = 5
elif score < 40:
SPEED = 8
elif score < 60:
SPEED = 12
else:
SPEED = 15
return SPEED
# SPEED = score/5 + 1
def drop_enemies(enemy_list):
delay = random.random()
if len(enemy_list) < 10 and delay < 0.1:
x_pos = random.randint(0,WIDTH-enemy_size)
y_pos = 0
enemy_list.append([x_pos, y_pos])
def draw_enemies(enemy_list):
for enemy_pos in enemy_list:
pygame.draw.rect(screen, BLUE, (enemy_pos[0], enemy_pos[1], enemy_size, enemy_size))
def update_enemy_positions(enemy_list, score):
for idx, enemy_pos in enumerate(enemy_list):
if enemy_pos[1] >= 0 and enemy_pos[1] < HEIGHT:
enemy_pos[1] += SPEED
else:
enemy_list.pop(idx)
score += 1
return score
def collision_check(enemy_list, player_pos):
for enemy_pos in enemy_list:
if detect_collision(enemy_pos, player_pos):
return True
return False
def detect_collision(player_pos, enemy_pos):
p_x = player_pos[0]
p_y = player_pos[1]
e_x = enemy_pos[0]
e_y = enemy_pos[1]
if (e_x >= p_x and e_x < (p_x + player_size)) or (p_x >= e_x and p_x < (e_x+enemy_size)):
if (e_y >= p_y and e_y < (p_y + player_size)) or (p_y >= e_y and p_y < (e_y+enemy_size)):
return True
return False
while not game_over:
for event in pygame.event.get():
if event.type == pygame.QUIT:
sys.exit()
if event.type == pygame.KEYDOWN:
x = player_pos[0]
y = player_pos[1]
if event.key == pygame.K_LEFT:
x -= player_size
elif event.key == pygame.K_RIGHT:
x += player_size
player_pos = [x,y]
screen.fill(BACKGROUND_COLOR)
drop_enemies(enemy_list)
score = update_enemy_positions(enemy_list, score)
SPEED = set_level(score, SPEED)
text = "Score:" + str(score)
label = myFont.render(text, 1, YELLOW)
screen.blit(label, (WIDTH-200, HEIGHT-40))
if collision_check(enemy_list, player_pos):
game_over = True
break
draw_enemies(enemy_list)
pygame.draw.rect(screen, RED, (player_pos[0], player_pos[1], player_size, player_size))
clock.tick(30)
pygame.display.update()

Sangat mudah sekalikan belajar codingan salah satu belajar Phyton, jadi silahkan pelajari dengan benar dan baik, jika ada kesalahan atau error silahkan kirim komentar anda pada halaman ini


Sekian  materi pembelajaran teknik informatika yang bisa saying berikan pada artikel ini.  Untuk melihat contoh-contoh pemrograman lainnya anda bisa melihat di artikel lainnya. Semoga bermanfaat untuk mempelajari tentang pemrograman Phyton dengan baik. Selamat Mencoba Salam Codingers

1 Komentar

  1. Thank you for nice information. Please visit our web:

    Click Here
    "https://uhamka.ac.id"

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama