Aplikasi Program Kebugaran Daya Tahan Kardiovakular Berbasis Android

Tujuan penelitian ini adalah merancang aplikasi android sebagai alat bantu program kebugaran daya tahan kardiovaskular. Aplikasi ini terdapat 3 fitur utama yaitu memberi edukasi tentang kebugaran, membantu dalam pengetesan VO2Max, dan membantu dalam pembuatan program latihan kebugaran daya tahan kardiovaskular secara otomatis. Penelitian ini menggunakan metode  penelitian Research  and Development yang dilakukan dalam enam tahap. Adapun tahap-tahap pengembangan yang dilakukan adalah: (1) Analisis Kebutuhan (2) Desain Aplikasi (3) Pengembangan Aplikasi (4) Produk Awal Apliaksi (5) Evaluasi (6) Produk Akhir. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 40 anggota unit kegiatan mahasiswa di salah satu universitas. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya aplikasi GO FIT sebagai alat bantu program kebugaran daya tahan kardiovaskular. Kemudian didapat hasil analisis uji coba aplikasi menggunakan skala likert yang diproses melalui excel, kemudian didapat nilai persentase tingkat kelayakan sebesar 88,41 %.


Judul : Aplikasi Program Kebugaran Daya Tahan Kardiovakular Berbasis Android

Penulis : Adi Ari Putro , Adang Suherman Dan Kuston Sultoni

Latar Belakang

Tubuh yang bugar dibutuhkan oleh manusia sebagai makhluk hidup untuk melakukan aktifitas sehari-hari, pekerjaan akan didapat dengan hasil yang maksimal jika seseorang memiliki tubuh yang bugar. Kebugaran adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak merasakan kelelahan disaat melakukan pekerjaan atau tugas fisik

 

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah merancang aplikasi android sebagai alat bantu program kebugaran daya tahan kardiovaskular. Aplikasi ini terdapat 3 fitur utama yaitu memberi edukasi tentang kebugaran, membantu dalam pengetesan VO2Max, dan membantu dalam pembuatan program latihan kebugaran daya tahan kardiovaskular secara otomatis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development yang dilakukan dalam enam tahap. Adapun tahap-tahap pengembangan yang dilakukan adalah: (1) Analisis Kebutuhan (2) Desain Aplikasi (3) Pengembangan Aplikasi (4) Produk Awal Apliaksi (5) Evaluasi (6) Produk Akhir

 

Batasan Masalah

1)    Produk belum bersifat online sehingga untuk memperbaharui data harus memperbaharui aplikasi atau mengunduh ulang aplikasi yang sudah diisi dengan data baru oleh pengembang.

2)     Produk masih terbatas untuk pengguna Android, belum bisa berjalan di smartphone Apple ataupun yang lain.

3)    Sensor pedometer tidak seratus persen valid untuk digunakan sebagai alat pendeteksi jarak tempuh, karena tingkat sensitivitas sensor pedometer di setiap handphone android berbeda-beda.

4)    Jumlah karakter yang dimasukan dalam kolom data masih belum dibatasi, tidak menutup kemungkinan akan terjadi human error dalam memasukan data.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama