PERANGKAT LOGIKA

YOGA FIRZA SABBIHISMA
1700018253

A. Pretest
1. Apa yang dimaksud dengan proposisi majemuk?
  Jawab :  proposisi majemuk adalah gabungan dari proposisi-proposisi tunggal dengan
menggunakan kata hubung logika.
2. Ubahlah ke ekspresi logika :
a. Jika orangtua Nada merasa senang ataukeluarga besar Nada gembira maka usahayang Nada lakukan tidak sia-sia.
b. Jika saya malas belajar maka saya tidak lulus ujian
  Jawab :a. A = orang tua Nada merasa senang
B= keluarga besar nada gembira
C= usaha yang Nada lakukan tidak sia-sia
(AvB)=>C
b.A= saya malas belajar
B= saya tidak lulus ujian
A=>B
3. Sebutkan dan jelaskan penghubungproposisi majemuk!
Jawab :
a. Konjungsi adalah proposisi majemuk yang menggunakan kata hubung “dan”. Konjungsi dari proposisi majemuk p dan q dinotasikan dengan  “p^q”.
b. Disjungsi merupakan Proposisi majemuk yang menggunakan kata hubung “atau”.Disjungsi dari Proposisi majemuk p dan q dinotasikan dengan “pVq”
c. Implikasi merupakan Proposisi majemuk yang dinyatakan dengan kalimat: “jika pmaka q” dan dinotasikan dengan “p => q ”
d. Biimplikasi merupakan proposisi majemuk yang dinyatakan dengan kalimat jika dan hanya jika dan di notasikan dengan “póq”
e. Negasi merupakan proposisi majemu yang bernilai negatif dan dinotasikan dengan “¬p=>¬q”

B . PostTest
1. Ubahlah ke ekspresi logika :
a. Jika Nada adalah pemenang mahasiswa berprestasi tingkat universitas tahun 2017 dan Nada pengurus Dewan Perwakilan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Musik, maka orang tua Nada merasa senang.
Jawab :
A = Nada adalah pemenang mahasiswa berprestasi tingkat universitas tahun 2017
B = Nada pengurus Dewan Perwakilan mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Musik
C = Orang tua Nada merasa senang
( A^B )=> C
b. Mata kuliah logika informatika dan Kalkulus adalah mata kuliah yang saya suka, tetapi saya tidak suka DDP.
Jawab :
A= Mata Kuliah logika informatika
B= Kalkulus adalah mata kuliah yang saya suka
C= Saya tidak suka DDP
(A^B)^ ¬C
c. Saya diterima di Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Universitas Ahmad Dahlan dan saya bangga. Tetapi saya ingin mencoba SBMPTN 2018 dan insyaallah semoga lolos.
Jawab :
A= Saya di terima di Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Universitas Ahmad Dahlan
B= Saya bangga
C= Saya ingin mencoba SBMPTN 2018
D = Insyaallah semoga lolos
(A^B)^(C^D)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama