Analisis Mengenai kebutuhan Data Dan Kebutuhan Informasi




- Kebutuhan Data : Data yang dibutuhkan dalam penyusunan proposal teknis data disusun ke dalam sebuah table kebutuhan data. Penyusunan table kebutuhan data bertujuan untuk mempermudah proses proses dalam mendapatkan data pada saat pelaksanaan survei sehingga lebih terarah dan lebih efisien. Table kebutuhan data berisi data-data yang dibutuhkan berupa nama data, unit data, tipe data, waktu data, sumber data, cara memperolehnya, tujuan dan sasaran.

     - Kebutuhan Informasi : menurut Zipperer (1993: 70-73) bahwa kebutuhan informasi dianggap sebagai kesenjangan dalam memahami sesuatu, yaitu ketika seseorang mengalami situasi dimana mereka harus membuat keputusan, menjawab pertanyaan, menempatkan fakta-fakta, memecahkan masalah atau memahami sesuatu. Kebutuhan Informasi biasanya timbul ketika seseorang menyadari adanya jurang, gap, atau jarak antara pengetahuan yang sudah dimilikinya dengan permasalahan yang dihadapi.

Roadmap adalah rencana kerja yang menggambarkan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Roadmap umumnya dilakukan oleh kelompok masing-masing.

Dengan adanya kebutuhan data dan informasi yang di butuhkan dalam data di susun kedalam sebuah table kebutuhan data dan informasi penyusunan table kebutuhan data roadmap ini bertujuan untuk mempermudah proses dalam mendapatkan data pada saat pelaksanaan survei sehingga lebih terarah dan lebih efesien. Tabel kebutuhan data roadmap berisi data-data yang di butuhkan berupa prosedur pendaftaran PPDB dengan cara memperolehnya , tujan dan sasaran. Sedangkan penyusunan table kebutuhan informasi merupakan suatu pemetaan atau rencana kebutuhan-kebutuhan informasi sebagian besar mencakup kegiatan pengadaan informasi yang akurat,relevan, cepat dan mudah di dapatkan di dalam sekolah




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama