Mempelajari dasar Pemrograman Phyton Dengan Mudah

Python adalah bahasa pemrograman interpreter yang tentunya mendukung object oriented programming. Sama seperti PERL, Python sangat populer karena sintaknya yang singkat dan mudah dibaca. Python sangat mudah dipelajari dan portabel, artinya bisa digunakan di banyak sistem operasi selain linux maupun berbagai flatform.  Python memiliki antarmuka untuk banyak untuk system calls dan library, serta berbagai sistem berbasis Windows. Pertama kali dikembangkan oleh Guido van Rossum di akhir tahun 80an. Versi major terakhir sampai saat ini adalah Python 3.*.


Berikut kelebihan dari Python :
  • Python adalah bahasa pemrograman yang populer. Per September 2018, Python berada di urutan ke 3 bahasa program yang paling populer di dunia.
  • Python relatif lebih mudah dipelajari dan digunakan dibandingkan bahasa pemrograman lain. Sintaksnya sederhana, mudah dibaca dan diingat karena filosofi python sendiri menekankan pada aspek kemudahan dibaca (readibility). Kode python mudah ditulis dan mudah dibaca, sehingga lebih mudah diperbaiki kalau ada kesalahan, dan juga mudah untuk dipelihara.
  • Selain lebih mudah dibaca, python juga lebih efisien dibandingkan bahasa lain seperti C, C++, maupun Java. Untuk melakukan sesuatu dengan 5 baris kode pada bahasa lain, bisa jadi di python hanya diperlukan 1 baris kode. Hal ini menyebabkan pembuatan program dalam Python menjadi lebih ringkas dan lebih cepat dibandingkan bahasa lain.
  • Python merupakan bahasa multifungsi. Dengan python Anda bisa melakukan berbagai hal mulai dari memproses teks, membuat website, membuat program jaringan, robotika, data mining, sampai dengan kecerdasan buatan. Dengan python Anda bisa membuat aplikasi berbasis desktop maupun berbasis smartphone.
  • Python kaya akan dukungan library (pustaka) standar. Tersedia banyak sekali modul-modul dan ekstensi program yang sudah siap Anda pakai untuk membuat program sesuai kebutuhan Anda. Komunitas python adalah komunitas yang sangat aktif mengembangkan python sehingga menjadi bahasa yang sangat handal.
  • Python bisa berinteraksi dengan bahasa lain. Kode python bisa memanggil oleh bahasa C, C++, dan sebaliknya juga bisa dipanggil dari bahasa lain.
Sedangkan kekurangan Python:
  • Belum optimal untuk bekerja pada multi processor
  • Developer yang jumlahnya lebih sedikit terutama untuk segi komersial
  • Terbatasnya akses terhadap layer database.
  • Mungkin, kurang populer dibandingkan dengan bahasa yang lain.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama